SINGERS - SING WITH YOUR BREATH (2)

Bernyanyi tanpa nafas, tak akan mungkin terjadi. Mengatur nafas juga memiliki trick. Ada beberapa cara pernafasan, yaitu :
1. Pernafasan dada.
2. Pernafasan diafragma.
3. Pernasafan perut.
Dari ketiga cara pernafasan itu, banyak orang berpendapat bahwa pernafasan Diafragma-lah yang paling bermanfaat. Cara ini dapat menyimpan banyak udara yang kita ambil. Caranya memang gampang-gampang susah.
Disitu, cara kita belajar adalah sebagai berikut :
a. BODY LANGUAGE.
Sikap mtubuh sepertinya bukan salah satu hal pentingh. Tapi jangan salah, sikap tubuh kita harus tegap, rileks, fleksibel, karena sangat berpengaruh terhadap performa dan dinamika vocal kita.
Tarik nafas melalui hidung dengan berdiri tegap rileks, dan jangan menaikkan bahu pada saat mengambil nafas, tetapi rasakan pada saat mengambil nafas udara yang masuk melalui hidung menembus kedalam dada dan otomatis akan membuat dada kita membusung ke depan. Coba letakkan tangan pada perut kiri dan kanan, rasakan juga perut yang terasa membesar. Setelah itu buang perlahan nafas melalui mulut sampai kita merasa sudah tidak ada lagi udara di dalam.
b. MULUT.
Usahakan mulut terbuka lebar, agar udara dalam berjalan dengan baik dan berguna agar setiap kata yang kita keluiarkan dapat jelas terdengar dan tidak salah pengertiannya, Dada berguna dalam pengambilan nada-nada rendah, hdung untuk nada-nada tinggi. Tenggorokan untuk suara jernih. Jangan menumpuk suara di tenggorokan, karena akan mengakibatkan kita kelelahan. Dan terakhir adalah kepala (Head Voice) bila hendak mengambil nada-nada amat tinggi. Latihlah dengan menyebutkan dasar beralphabet A I U E O.
Bisa juga melatih dengan lidah yang dilipat ke bawah mengenai gigi bawah, dan dilipat ke atas mengenai langit-langit mulut. Hal ini sangat bermanfaat untuk membuat rileks lidah dan memperlebar rongga udara.

c. SUPPORT.
Hal ini menjadi salah satu yang tepenting, karena kita harus bernyanyidengan support dari hati dan dari luiar. Mengapa ? agar bisa mendapat ‘gregetnya’, dengan pitch control yang stabil.
Semua hal diatas harus dibarengi olahraga tentunya, untuk mendapatkan nafas yang sehat. Jauhi Narkoba, rokok, begadang, minuman dingin, dan makanan berminyak.

Comments :

0 komentar to “SINGERS - SING WITH YOUR BREATH (2)”

Poskan Komentar